Friday, February 22, 2008

Menggoda Konsumen Bukan Hanya Menarik Konsumen

Mulai saat ini, Fokus penjualan anda harus berubah dari sekedar “menarik konsumen baru” menjadi ”menggoda konsumen yang terjamin akan kembali untuk membeli lagi”. Karena dengan menjamin konsumen akan kembali membeli produk anda lagi, anda akan dapat meningkatkan penjualan produk anda secara dramatis sekaligus membangun kesetiaan pelanggan. Dengan hal tersebut anda akan memiliki bekal untuk maju ke langkah berikutnya dalam menggaet konsumen baru dan meningkatkan penjualan.

Dibawah ini adalah beberapa cara manjur untuk meningkatkan penjualan dan menambah kesetiaan konsumen.


1. Tumbuhkan semangat keberanian untuk menjual kepada staff marketing anda

Agar penjualan lebih sukses,konsumen harus di yakinkan dengan adanya sebuah keuntungan dan manfaat dari sebuah produk atau jasa yang anda pasarkan. Contohnya, perlihatkan dan katakan kepada konsumen bagaimana bagusnya kualitas hasil print atau fotokopi di tempat anda. Anda harus senantiasa berupaya meyakinkan konsumen untuk kembali menggunakan layanan fotokopi/print di tempat anda. Jadikan tempat anda sebagai tempat yang cocok dan klop untuk konsumen. Dengan begitu, penjualan akan semakin melejit.

2. Katakan tentang adanya penurunan harga dan produk baru yang murah

Jika anda ingin penjualan atau promosi selalu datang,katakan pada kustomer anda tentang penurunan harga, produk baru dengan harga murah dari toko lain,dan sejenisnya. Mungkin saja saat kembali lagi mereka akan membawa seorang teman dan temannya membawa temannya yang lain.

3. Sejajarkan kustomer anda

Perlihatkan kepada pelanggan bahwa anda melayani dan menghargai mereka dengan baik serta menomor satukan mereka. Contoh kecil saja,seperti menyapa mereka, memberikan diskon/potongan harga hanya untuk mereka yang anda anggap sudh menjadi pelanggan anda.

4. Rancanglah sebuah program penghargaan bagi pelanggan anda.

Kita semua sudah kenal dengan yang namanya program penghargaan untuk pelanggan setia dimana sudah banyak bisnis besar yang menyelenggarakanya.Tapi tidak ada alasan untuk bisnis yang masih kecil tidak dapat menyelenggarakan atau menciptakan sebuah program penghrgaan terhadap pelanggan setia anda.

Bisa saja sangat sederhana hanya dengan sebuah diskon untuk pelanggan yang berulang tahun pada tanggal yang ditentukan,atau memberikan “bebas harga untuk pembelian apa saja” untuk pelanggan yang sudah memiliki poin tertinggi dalam pembelian di perusahan atau untuk bisnis anda.Dari survey menyatakan bahwa program penghargaan terhadap pelanggan ini dapat meningkatkan penjualan dan menciptakan kesetiaan pelanggan yang makin setia terhadap anda.

5. Berikan contoh gratis kepada kustomer.

Memberikan keyakinan,dorongan dan kenyamanan kepada pelanggan setia yang sudah anda kenal dan menjadi konsumen anda sebelumnya hingga sekarang, terbukti trik ini lebih manjur karena trik ini menciptakan kesetiaan konsumen yang mempengaruh penjualan yang berulang-ulang.

dikutip seperlunya dari http://www.anekacdilmu.com/tt-1.htm

1 comments:

cahaya said...

hmm....klo gitu bakal ad award buat yg ngutang pulsa terbanyak dong... {^_^}

 
Design by Wordpress Theme | Blogger Templates | JCPenney