Tuesday, February 13, 2007

The Plan

Saya termasuk orang yang mudah lupa dengan planning saya ke depan. Terkadang hal ini menjadi cukup membahayakan dan harus benar-benar diatasi. Oleh karena itu tidak jarang di awal pekan atau sehari sebelumnya saya membuat catatan tentang rencana saya dalam satu pekan atau sehari. Sedangkan untuk jangka waktu yang panjang biasanya saya membuat semacam action plan dengan menggunakan ms. excel. Yang di dalamnya terdapat rencana kegiatan selama beberapa bulan ke depan.

This Week Schedules
Jadwal pekan ini, relatif masih agak padat. Ditambah lagi perkuliahan sudah dimulai, sehingga jadwal pribadi saya pun juga harus disesuaikan dengan jadwal kuliah. Biar gak saling kontraproduktif satu sama lain.

Ini dia planning kegiatan saya dari tanggal 12 s/d 18 Februari 2007
1. Tukar Jadwal kuliah yang bentrok
2. Bimbingan TA ke dosen Pembimbing
3. Konsultasi TA dengan Account Manager di UNER 3 PT Telkom
4. Perpanjang asuransi motor
5. Minta barcode KTM di Perpustakaan
6. Periksa Gigi ke Dokter Gigi

Nah, rencana yang saya tuliskan di atas, biar bagaimanapun juga harus disesuaikan dengan jadwal kuliah yang ada di bawah ini. Tapi berhubung jadwal kuliahnya masih bersifat sementara, jadi untuk semnggu ini saya masih ada alasan untuk kabur dulu dari kuliah.


Jadwal Kuliah Sementara
Seperti saya sebutkan di awal, selain jadwal harian atau pekanan, saya juga membuat semacam action plan bulanan. Jadwal Rencana Kerja bulanan ini relatif cukup bermanfaat jika anda sedang menjalani amanah di suatu organisasi. Karena biasanya organisasi berjalan setidaknya selama beberapa bulan. Sehingga akan sangat baik apabila target-target pencapaian setiap bulannya dituangkan ke dalam action plan organisasi.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari action plan yang pernah saya buat.

Time Line Rekruitasi Panitia PDKT 2006
(Pengenalan Dunia Kampus Telekomunikasi)

Action Plan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
periode 2006/2007

Action Plan LDKO 2006
(Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi)
Akan tetapi jangan sampai lupa bahwa itu semua hanyalah tools yang dapat membantu. Tidak ada keharusan untuk selalu membuat action plan, seperti yang saya lakukan. Sebab yang menjadi keharusan adalah mengelola waktu dengan baik agar setiap waktu yang kita miliki dapat bermanfaat bagi diri kita dan tidak merugikan orang lain.

Ok sepertinya itu dulu, semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

5 comments:

EnDah Rezeki said...

Semisal planningku dicatat dlm buku agenda, justru aku malah lupa. pancen suka lupa juga kali. untung sih ga sampe amnesia. heheheh

(^_*)v said...

Hohoho...
Jadi inget jaman-jaman kuliah hehehe...

Unknown said...

@si-aku
iya nih, jaman sekarang kok masih ada orang yang kuliah..

@::n::
iya, buku agenda memang bagus dan terorganisir rapi. tapi karena itu juga jadi males bawa2nya, apalagi ngebukanya untuk ngecek jadwal.
Simpen jadwal di secarik kertas kertas ok juga kok.

Anonymous said...

mmhmm..mengelola wkt dgn baik ya..
Nice topic...

Tiap org emg punya kesibukan+rutinitas msg2, tp hanya sdkt org yg bs sukses dgn managemen wktunya.

Ada bbrp hal yg ky'nya bs di share:

1st
Mesti Bwt plan ato jdwl. Baik itu jdwl harian, pekanan, bulanan ato bs jg yg jangka panjang (misal: setahun, 3 thn, 5 thn ato bahkan utk 10 thn kedepan)
Makin srg qt nulis jdwl ato bwt plan makin sering jg qt mikirin hari dpn qt mau diisi dgn kegiatan apa aj.
Klo lg bwt plan, blh jg sesekali disisipi dgn cita2 or impian qt di masa dpn..(punya impian itu sah2 aj asalkn optimis & realistis).

2nd
Kalo brmasalh dgn nulis jdwl di agenda, tenang aja.. masih ada altrntif yg laen. Tulis plan ato jdwl di kertas yg gede trus ditempel di dinding kmr biar tiap hri bs dliat.(cocok utk org yg betah di kmrnya)

3rd
Ktika plan ud dbwt..ya mesti djlanin dong.. Jgn smpe ga nepatin jdwl yg udh dbwt sndiri. Kalo ada jdwl yg timingnya molor ato bnr2 ga bs dilakuin, once or twice msh bs dmaafkan. Aslkan ada pnyebab yg bnr2 bs dtolerir. ya..itung2 nerapin disiplin sm diri sndiri.

4th (optional)
Ga ada slhnya kalo punya personal manager. Punya manajer ga msti bwt artis, penyanyi or pengusaha aja. Org yg sibuk dan cnderung kurang bs memanage wktunya dgn baik jg bs minta bntuan jasa seorg personal manager.
(Selama ada uang bwt byr manager mah ga mslh :)


-Gud luck bwt jdwl2nya-

Unknown said...

@kaka
Makasih buat masukannya...bener banget tuch..

 
Design by Wordpress Theme | Blogger Templates | JCPenney