Friday, August 17, 2007

On The Job Ke Jakarta

Pada hari kamis kemarin, saya ditugaskan bos ke Jakarta untuk melakukan setting router di PT. Asuransi Jasa Tania yang beralamat di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 14 Menteng Jakarta Pusat. Dan seperti biasa konfirmasi kepastian bahwa saya jadi berangkat ke Jakarta dilakukan pada satu hari sebelumnya, yaitu pada hari rabu.

Saya dan kang Yudi (kita berdua yang ditugaskan untuk setting router ini) berangkat dengan menggunakan mobil kantor pada pukul 09.30 WIB. Kita melewati tol Cipularang yang padat dengan mobil-mobil besar, lalu masuk ke tol halim dan sambung lagi ke tol dalam kota. Singkat cerita kita mengambil jalur Tj. Priok dan keluar di pintu tol Rawamangun dan selanjutnya melintasi jalan Utan Kayu-Pramuka-Diponegoro-Teuku Cik Ditiro. Syukur Alhamdulillah perjalanan siang itu lancar, dan tidak pakai nyasar. Kita tiba di gedung Asuransi Jasa Tania pada pukul 12.00. Dan ternyata lokasinya tidak begitu jauh dari Jakarta Eye Center, tempat Eyang Putri saya berobat mata dari penyakit glucomanya.

Kita mulai mengerjakan settingan router untuk komunikasi VoIP antar kantor Cabang perusahaan tersebut pada pukul 12.30 WIB. Karena memang setibanya di sana, kita makan siang terlebih dahulu. Supaya lancar mikirnya dan tidak diliputi rasa lapar dalam bekerja. Setelah itu, barulah kita mulai bekerja.

Pada awalnya setting berjalan dengan lancar. Maklum ini sudah kali ke-berapa kita melakukan setup koneksi VoIP yang seharusnya merupakan pekerjaan dari vendor penyedia router. Akan tetapi, ditengah-tengah proses setup tersebut, ternyata kita menemui kendala karena ternyata banyak kondisi yang agak berbeda di beberapa titik yang akan kita set untuk komunikasi voice dengan menggunakan VoIP.

Setelah menghabiskan waktu sekitar 2 jam, akhirnya panggilan perdana ke Surabaya dapat dilakukan dari Jakarta dengan menggunakan VoIP. Sehingga dengan begitu pekerjaan kami pun dapat dikatakan Berhasil dan Sukses. Lalu setelah berbincang-bincang sedikit dengan orang IT di PT Asuransi Jasa Tania, maka kami pun pamit meninggalkan kantor mereka. Sambil mengucapkan See you when I see you again..

Hehehe.. :-)


Btw, sekedar berbagi, secara secara garis besar yang kami lakukan dalam set koneksi VoIP ini diantaranya ialah;
- Menyiapkan line Telepon yang akan digunakan untuk VoIP
- Merancang dan membuat dial plan serta destination-pattern yang nantinya dapat menghubungkan beberapa titik (dalam hal ini kantor cabang)
- Menguji konektivitas dengan cara menghubungi kantor cabang yang lain, yang mana line teleponnya juga tersambung dengan router seperti halnya line telepon yang berada di tempat kami melakukan setup.

CMIIW

Mungkin itu saja buat post hari ini.

Regard,
Arki Rifazka

0 comments:

 
Design by Wordpress Theme | Blogger Templates | JCPenney