Thursday, October 18, 2007

SSQ II : 2nd Rank Air Traffic

Ketika pertama kali saya tiba di Pekanbaru, jujur saja saya agak penasaran dengan kota ini. Karena sebelum berangkat ke sini, sudah sering juga dengar beberapa cerita dari orang-orang. Ada yang bilang kotanya ramai, trus biaya hidupnya tinggi. Ada juga yang bilang, ini kota seribu Ruko karena hampir di seluruh jalan besar kita dapat melihat Ruko. Lalu juga banyak masjid yang bagus-bagus dengan arsitektur yang menarik, dst. Singkat cerita, saya makin penasaran untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kota Pekanbaru.

Untuk mengatasi rasa penasaran ini, pertama kali saya langsung kepikiran untuk tanya ke mbah dukun eh salah, maksud saya mbah google.

Dari hasil googling tersebut saya mendapatkan beberapa link, dan salah satunya adalah link/pranala dari wikipedia:

Jadilah akhirnya saya mendapatkan beberapa informasi terkait dengan kota Pekanbaru. Dari mulai sejarah berdirinya, populasi penduduk, kondisi kota, PDRB, dan juga bandar udaranya.


Namun diantara beberapa informasi yang saya dapatkan, justru saya jadi agak penasaran dengan Kondisi Bandaranya. Yang mana menurut tulisan dari wikipedia, Bandara Sultan Syarif Qasim II (disingkat SSQ II) Pekanbaru merupakan bandara tersibuk ke-2 di Pulau Sumatera setelah Bandara Polonia (Medan). Ini lah yang membuat saya cukup takjub. Karena ini berarti , tren transportasi Udara sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang "wah" di Kota ini dan relatif terjangkau bagi masyarakat.


Bandara SSQ II Pekanbaru
Adapun data terkait dengan jumlah Annual Passenger Bandara SSQ II dapat dilihat di website Angkasa Pura. Supaya lebih puas dan jelas, berikut ini akan saya tampilkan data annual passenger beberapa Bandara di Pulau Sumatera yang berada di bawah Manajemen PT. Angkasa Pura II.

(atas) Data Jumlah Annual Passenger Bandara Polonia Medan

(atas) Data Jumlah Annual Passenger Bandara SSK II Pekanbaru

(atas) Data Jumlah Annual Passenger Bandara Minangkabau - Padang


(atas) Data Jumlah Annual Passenger Bandara SMB II Palembang

(atas) Data Jumlah Annual Passenger Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh

(atas) Data Jumlah Annual Passenger Kijang - Tanjung Pinang

Dari Seluruh Cuplikan Data di atas, didapat Informasi bahwa jumlah annual Passenger Bandara SSK II berada di urutan ke-2 terbanyak setelah Bandara Polonia. Walaupun selisih jumlah Annual Passenger antara Bandara Polonia Medan, yang berada di urutan teratas, dengan Bandara SSK II yang berada tepat dibawahnya, relatif cukup besar yaitu 2,5 Juta orang. Akan tetapi untuk Kota yang kepadatan penduduknya berada di urutan ke-5 (sumber:wikipedia). Angka tersebut cukup membanggakan dan sedikit banyak telah dapat menggambarkan geliat pertumbuhan bisnis/ekonomi yang terjadi di Kota Pekanbaru.

By the way, berikut ini adalah foto aktivitas pesawat yang berada di Bandara SSK II Pekanbaru pada tanggal 18 Oktober 2007 pukul 08.10-08.50 WIB. Ternyata banyak juga Pesawat yang mau mendarat di Bandara pada jam tersebut.

Pukul 08.10 WIB, Pesawat AirAsia JKT-PKU mendarat

Pukul 08.20 WIB, Pesawat AirAsia PKU-JKT bersiap-siap take off

Pukul 08.25 WIB, Pesawat milik Merpati Airlines mendarat dan
Pesawat AirAsia jurusan PKU-JKT belum bisa take off dulu,


Pukul 08.30 WIB, Giliran Pesawat milik Garuda Indonesian Airways yang didahulukan mendarat, lagi-lagi AirAsia belum bisa take off

Pukul 08.35 WIB, Pesawat AirAsia jurusan PKU-JKT take off

Pukul 08.45 WIB, Setelah Pesawat AirAsia jurusan JKT take off,
giliran Pesawat C-150 milik Skuadron 12 TNI AU untuk take off


Sebetulnya ada satu Pesawat lagi yang juga mendarat pada saat pengamatan dilakukan. Pesawat tersebut sejenis pesawat Fokker 27. Ia mendarat sesaat sebelum Pesawat milik Merpati Airlines mendarat. Akan tetapi berhubung dia begitu cepat menghilang dari sudut pandang saya, maka upaya untuk memotret pesawat tersebut tidak membuahkan hasil.

4 comments:

Anonymous said...

pengamatan nya keren sekale mas..

Mr. Bingung said...

Yahh senang sekali ada yang mengUPLOAD gambar2 Pesawat yang akan dan sedang tinggal landas di Pekanbaru. Saya senang dengan airport Pekanbaru,, soalnya ruang tunggunya bisa berfungsi sekaligus sebagai observation deck yang bisa melihat pesawat bener2 dari dekat..

makasih ya Bang ..... atas gambar2nya T_T ... Boleh saya pakai gambarnya untuk dimasukkan di Forum Internasional Skyscrapercity ???? :)

Kris Hadiawan, Open Mind Set said...

sebenarnya arus penumpang itu selain dari dalam daerah sendiri yang kencangnya itu dari luar daerah Riau sendiri juga yang masuk kedalam, dalam sehari itu ada 4-5 kali penerbangan setiap maskapai dari Jakarta.

Kalau kondisi bandara, itu sedang diupgrade oleh pemprov menajadi terminal bandara kelas I.

Anonymous said...

aku dari medan..
mau ke pekanbaru
boleh nanya gak?
klo dr terminal bus,,ada transport umum gak ke bandara?
trim's..

 
Design by Wordpress Theme | Blogger Templates | JCPenney