Monday, February 05, 2007

Belum Tiba Waktunya Kita Berhenti

Ada yang mengatakan bahwa hidup ini adalah perjuangan yang tidak mengenal kata berhenti; yang selalu membutuhkan pengorbanan; yang senantiasa akan menempatkan orang gigih pada tempat yang pantas baginya. Suatu tempat dimana ia dihargai atas kegigihannya dalam meraih kemenangan. Walaupun tidak ada jaminan bahwa ia akan menikmati buah dari jerih payahnya selagi ia masih hidup.

Akhir dari perjuangan yang pertama akan menuntun anda ke perjuangan selanjutnya

Itulah yang saat ini tengah saya rasakan. Ternyata benar juga bahwa perjuangan itu bukan untuk satu, tiga, atau sepuluh hari ke depan. Sepertinya memang tidak akan pernah ada kata berhenti untuk sebuah perjuangan. Sebab semenjak manusia dilahirkan, dengan sendirinya ia telah menjadi seorang pejuang. Pejuang yang dengan kemampuan dan kegigihannya bertarung dengan rasa nyaman dan realitas kehidupan di dunia.

Maka karena itu, sangat penting bagi siapapun untuk menyadari bahwa perjuangan itu adalah ikhtiar yang ujung-ujungnya adalah ajal. Sehingga tidak akan pernah terlintas dalam pikirannya untuk memasukkan kata "tua" dalam kamus perjuangan dalam hidupnya.

Belum waktunya kita berhenti
Jangan cepat puas kawan
Bekerja dan terus bekerja
Hingga saat kita tak berguna lagi
(Jalan Terus - Sheila on 7)

Dalam menjalani kehidupan, sebenarnya kita tidak boleh mematok sebuah harga pas untuk beristirahat. Seringkali istirahat membuat sensitivitas kita terhadap lingkungan sekitar menurun. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena pada saat kita beristirahat, ada kecenderungan bagi kita untuk mengurangi tingkat kewaspadaan terhadap berbagai kemungkinan buruk yang tentu saja tidak diharapkan terjadi. Tidak heran, banyak yang berpandangan bahwa rasa aman itu adalah racun. Yang akan membius secara perlahan namun pasti dan celakanya, tanpa disadari si penderita. Maka dari itu, tetaplah pasang awareness anda pada tingkat yang aman dan semestinya.

Arki Rifazka
Belum Tiba Waktunya Kita Berhenti...

1 comments:

dOnifErdiAn said...

makanya ki, jangan photo-photo mulu....
perjuangan belum berakhir nii...

-topan-

 
Design by Wordpress Theme | Blogger Templates | JCPenney