Friday, March 02, 2007

2 Sebab Utama Pusing

Sakit Pusing, sebagaimana kita ketahui, seringkali menyerang kita. Serangannya, bisa sebentar dan bisa jadi juga agak lama. Bergantung pada daya tahan tubuh dan treatment yang dilakukan oleh penderitanya. Akan tetapi yakinlah bahwa pusing pasti akan berlalu.

Mahasiswa, bisa dikatakan cukup akrab dengan kondisi ini. Karena mungkin ada beberapa faktor yang semakin membuat ia kenal dekat dengan penyakit yang satu ini. Oleh karena itu, saya pun menjadi terpanggil untuk memaparkan informasi terkait penyebab utama penyakit pusing pada mahasiswa.

Selamat menikmati...

Sebab Pertama: Telat Makan
Telat makan tidak bisa lagi dipandang sebagai masalah sepele. Banyak penyakit-penyakit yang bisa menghampiri tubuh kita, ketika pola makan kita tidak teratur (apalagi kalau sampai telat dan lupa makan).

Kenapa bisa seperti itu? Karena tubuh kita membutuhkan asupan gizi untuk beroperasi, yang nantinya akan dipergunakan dalam membangun sistem pertahanan tubuh dari segala macam virus/penyakit. Maka dari itu, usahakanlah untuk tetap makan tepat pada waktunya, walaupun sesibuk apapun kita dalam beraktivitas di kampus.

Sebab Kedua: Telat Datang Kiriman
Nah yang satu ini juga jangan dianggap main-main. Efeknya besar lho buat kesehatan kita... Bisa dibayangkan, betapa gelisahnya mahasiswa ketika uang di tabungannya tidak lagi cukup untuk menyambung hidup di perantauan. Kegelisahan itu bisa saja terus berlanjut, sampai akhirnya menyebabkan kepala jadi pusing tujuh keliling.

Maka dari itu, untuk mengakalinya, perbanyak-lah silaturahmi saja dengan rekan-rekan yang lain. Jika ada famili, mungkin jauh lebih baik. Karena nantinya, selain kunjungan kita dapat mempersambungkan lagi tali silaturahmi antar keluarga, minimal snack atau bahkan makan besar juga akan disajikan di hadapan kita. Dan sudah tentu, itu semua gratisan (gak mungkin kan nagih biaya makan ke family). :D

Semoga bermanfaat...

4 comments:

acha said...

klo ngga salah pusing itu disebabkan oleh kelebihan uap air (panas) di kepala.

Nah penyebab uap air (panas) banyak sebabnya. salah duanya seperti yang Arki tulis di atas.

Pesen saya sih klo pusing ngga perlu minum obat (kecuali emang pusing banget). tidur aja. mudah-mudahan masalah selesai ketika bangun.

cheer :)

cahaya said...

ada lagi tuh penyebab pusing..

klo pas musim tugas besar. punya temen skelompok ga ad yang beres,deadline pengumpulan bentar lagi,kerjaan masih jauh dr 100%.
bukan cuman pusing,tp jg stress.

walaupun dibikin tidur, pas bangun tetep aja kerjaannya belom selesai...

Raden Mas Arki Rifazka said...

@acha
kayaknya secara ilmiah emang seperti itu ya cha... Kalau pendekatan yang saya pakai, itu pendekatan humanis..("human" yang manis-manis)

@cahaya
yah,..salah gabung kelompok tuh. Tapi, jangan stress dulu..cheer up ya,..anggap itu sebagai cobaan yang memperindah jalan perjuangan kamu.

Rama Sejati said...

Artikel yang bagus !

Barangkali artikel "penyebab pusing" berikut juga berguna bagi rekan rekan lainnya. Klik -> Penyebab Pusing ?

 
Design by Wordpress Theme | Blogger Templates | JCPenney